Kontroversi Kredit Motor Dan Mobil Tanpa Dp Di Indonesia

Kendaraan mobil dan motor adalah sebuah kebutuhan sehari-hari masyarakat indonesia, dan ketika OJK mengeluarkan kebijakan tentang kredit motor dan mobil tanpa dpkredit motor dan mobil tanpa dp di indonesia banyak yang senang sekali akan hal itu.

Peraturan nomor 35 yang diisukan tahun 2018 tersebut memberikan relaksasi atau kemudahan yang sangat menguntungkan para perusahaan finance yang memungkinkan mereka untuk bisa menjual kendaraan motor dan mobil dengan dp 0%.

Hal ini tentunya mendapatkan reaksi yang berbeda dari pemerintah dan masyarakat, karena jelas bahwa dp 0% ini akan memberikan kelonggaran yang sangat luas kepada seluruh masyarakat untuk membeli kendaraan motor dan mobil dengan sangat mudah. Hal ini jelas juga sangat bertolak belakang dengan usaha pemerintah untuk menaikan popularitas dari transportasi umum di Jakarta. Jika kendaraan bermotor bisa diakses dengan mudah, maka jelas public akan lebih memilih kendaraan bermotor ketimbang menggunakan transportasi public.

Persepsi Pemerintah Tentang Dp 0%
Ada banyak yang menentang kebijakan OJK yang sudah dikeluarkan, dan salah satunya adalah jusuf kalla, wakil presiden indonesia. JK memberikan beberapa poin keberatan kepada OJK mengenai DP 0% yang sudah dikeluarkan, yang mana menurut JK kebijakan tersebut memberikan high risk atau resiko yang sangat tingggi baik kepada customer maupun kepada penyedia multi finance. Resiko tersebut bisa saja kredit macet karena masyarakat dipermudah untuk mengambil kendaraan tanpa mengetahui kesehatan finansial mereka.

Selain itu, JK juga mengatakan bahwa kebijakan ini akan menjauhkan masyarakat dari transportasi public, dan karena itu lebih baik kebijakan ini dipertimbangkan ulang oleh OJK. Namun bukan hanya saja tanggapan negatif yang datang dari masyarakat, ada beberapa tanggapan positif juga yang datang dari berbagai kalangan, salah satunya adalah dari asocial pemilik mobil indonesia. Mereka mengatakan bahwa tidak semua orang bisa menikmati keringanan dp 0% ini, dan berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Cek Kesehatan Keuangan Multi Finance

Tidak semua perusahaan multi finance berhak untuk mengajukan dp 0% ini, karena batasan minimal dari pemerintah adalah, dp 0% hanya bisa dilakukan kepada perusahaan multi finance yang memiliki NPF atau non performing finance sebesar 30%. Artinya adalah kesehatan keunangan dari sebuah perusahaan multi finance untuk mengajukan kredit motor dan mobil tanpa menggunakan dp harus bagus dan mereka memiliki dana sebesar 30% lebih besar dari jumlah total harga mobil dan motor yang mereka miliki.

Setelah itu, para penjaja mobil perseorangan pun tidak akan bisa menikmati kredit motor dan mobil tanpa dp karena memang sasaran dari program ini pun bukan untuk masyarakat perorangan. Program ini ditujukan untuk membantu kantor atau perusahaan lainnya untuk menyediakan mobil kepada karyawanya. Jadi mobil yang akan dibeli adalah merupakan aset perusahaan yang bisa di pertanggung jawabkan secara bisnis ke bisnis.

Tips Untuk Kredit Mobil Di Indonesia

Meskipun anda hari ini tidak akan bisa mengakses kredit motor dan mobil tanpa dp secara mudah, anda tidak perlu khawatir karena memang hari ini sudah banyak sekali berbagai jenis penyedia jasa multi finance yang sudah merendahkan dp menjadi minimal 10% dari uang total harga mobil yang ada. Semakin besar dp yang anda bayarkan di awal, maka semakin kecil uang cicilan yang harus anda bayarkan, dan memang sangat disarankan untuk memberikan dp yang besar di awal.

Selain itu anda juga harus mengecek perusahaan yang memberikan kredit kepada anda, karena tentunya anda harus bisa mendapatkan penyedia jasa kredit yang kredibel dan bisa anda percaya. Tentunya anda bisa mengecek perusaan multi finance yang anda gunakan di OJK, karena semua perusahaan yang bergerak di bidang kredit atau finance harus terdata di OJK.

Kredit motor dan mobil tanpa dp memang tidak bisa anda akses sembarangan, hanya saja masih ada banyak sekali solusi yang bisa anda dapatkan.

Selain itu, anda juga bisa periksa kesehatan keuangan anda, dan memang sebaiknya anda mengikuti program kredit yang dikeluarkan oleh bank-bank yang sudah terpercaya seperti BCA, MANDIRI dan lainnya. Berbagai bank tersebut biasanya juga akan menyedikan kredit mobil, meskipun bukan bukan tanpa dp.

loading...