Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Diabetes

Makanan sehat sebagai asupan yang tepat pada penderita diabetes dapat berkontribusi banyak terhadap penyembuhan luka diabetes dalam tempo lebih cepat. Bahkan, tanpa disertai dengan nutrisi tersebut maka, seluruh proses penyembuhan luka diabetes tentunya akan sulit untuk disembuhkan. Lantas makanan apa saja yang dianjurkan untuk penderita diabetes agar bisa Mempercepat penyembuhan luka diabetes.

Diabetes atau biasa disebut kencing manis merupakan salah satu penyakit kronis dimana tubuh tidak dapat mengelola glukosa yang berlebih di dalam tubuh. Kondisi tersebut pastinya bisa mengakibatkan berbagai macam komplikasi jika tidak dilakukan penanganan cepat, seperti terbentuknya luka neuropatik, iskemik maupun neuroischemic, yang mana luka tersebut cukup sulit untuk disembuhkan pada penderita diabetes.

Berikut jenis makanan sehat yang diketahui dapat membantu mempercepat Luka lama sembu, diantaranya:

1. Makanan Mengandung Protein

Makanan yang berbau menyengat amis seperti telur dan daging dapat memperparah luka? Itu adalah mitos salah yang tersebar di masyarakat pada umumnya. Padahal itu sebaliknya, telur adalah contoh makanan yang mengandung protein.

Protein sendiri merupakan satu jenis mineral penting untuk pemeliharaan dan perbaikan jaringan tubuh. Bahkan tingkat protein yang cukup mampu untuk membantu mencapai tingkat penyembuhan luka secara optimal.

2. Makanan Mengandung L-Arginine

Telur, selain mengandung protein yang cukup tinggi disisi lain telur juga ternyata mengandung zat yang lain yaitu L-Arginine yang merupakan senyawa asam amino memiliki beberapa sifat penting untuk meningkatkan sejumlah jalur yang terlibat dalam penyembuhan luka, seperti peranannya dalam sintetis protein struktural.

3. Karbohidrat

Sehari-hari yang kita makan sering mengandung karbohidrat, misal nasi, roti, jagung dll. Karbohidrat sendiri adalah satu kesatuan maupun beberapa unit mengandung glukosa yang dikenal dengan sakarioda. Kelompok ini termasuk kedalam nutrisi non-pati polisakarida yang dikenal sebagai serat makanan. Asupan karbohidrat sendiri memberikan energi yang sangat penting untuk penyembuhan optimal dan merangsang produksi kolagen (kerangka) untuk jaringan baru.

Nah itulah 3 makanan untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes, sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar jenis makanan sehat untuk penderita luka diabetes. Adapun jika saat ini Anda mencari pengobatan alternatif untuk luka diabetes.

loading...