Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

Ramuan air rebusan daun salak ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan Ibu hamil beserta janinnya.

Tidak percaya..? Ini buktinya…

Menurut hasil penelitian yang dilansir oleh yustian.web.id dari laman mskhum (28/09/2018), dalam buah salak memiliki bermacam macam nutrisi yang sangat di perlukan untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah potasium, pektin, betakaroten, vitamin C, protein, karbohidrat serat, zat besi, kalsium dan fosfor.

Selain baik untuk ibu hamil, salak juga menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui.

Apa saja manfaat yang diberikan buah salak untuk ibu hamil! Berikut ulasan lengkapnya

Antioksidan

Umumnya ibu hamil lebih mudah terserang penyakit, dalam hal ini, kandungan Antioksidan dalam buah salak berfungsi menjaga kesehatan tubuh dan mencegah muncul nya penyakit selama masa kehamilan berlangsung.

Jika kesehatan ibu hamil terjaga dengan baik, secara otomatis perkembangan janin dalam kandungan akan lebih efektif sehingga terhindar kondisi prematur.

Mencegah anemia

Kekurangan darah selama kehamilan, dapat membahayakan kondisi tubuh ibu maupun janin, salah satunya akan mengakibatkan bayi lahir prematur. Bunda tidak mau kan?

Nah, kandungan zat besi dan tiamin yang tersimpan secara alami di dalam buah salak sangat efektif dalam mencegah penyakit anemia pada ibu hamil. Seperti yang kita ketahui, zat besi memiliki peran penting dalam membantu pembentukan hemoglobin.

Menjaga kesehatan ibu hamil

Kita semua (khususnya ibu ibu) tentu sudah tahu, jika kondisi kesehatan ibu hamil terjaga dengan baik, otomatis pertumbuhan janin akan lebih efektif.

Kandungan fitonutrien pada salak sangat berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Sedangkan kandungan vitamin pada buah salak sangat efektif dalam melawan infeksi penyakit.

Menjaga kesehatan jantung

Darah merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi membawa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan jantung memiliki berperan memompa darah keseluruhan tubuh.

Kedua bagian tubuh ini merupakan bagian paling penting, jika salah jantung mangalami masalah, otomatis darah tida bisa terpompa dengan baik.

Nah, kandungan kalium pada buah salak berfungsi menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kerja jantung.

Mencegah obesitas pada ibu hamil

Kandungan serat yang terkandung dalam buah salak sangat efektif dalam menjaga berat badan tetap ideal pada masa kehamilan. Jadi buah salak sangat baik bila dijadikan sebagai salah satu makanan diet sehat pada waktu hamil.

Meningkatkan memori janin

Dalam penelitian yang sama, buah salak memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi. Pektin merupakan zat yang di perlukan tubuh untuk membentuk kecerdasan, memori dan perkembangan janin. Jika anda ingin anak memlimem kecerdasan sebaiknya konsumsi buah salak selama masa kehamilan dengan rutin.

Pembentukan tulang janin

Tulang juga menjadi salah satu bagian tubuh paling penting, jika tidak diperhatikan dengan baik janin akan lahir prematur yaitu mengalami kelumpuhan.

Buah salak bisa menjadi solusi paling tepat, pasalnya di dalam buah salak terkandungan kalsium yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan tulang pada janin. Disamping itu, konsumsi buah salak juga berguna menjaga stamina dan kesehatan ibu selama kehamilan.

Mengatasi gangguan asam lambung

Pada trimester pertama biasanya ibu hamil akan mengalami gejala morning sickness yang di akibat dari peningkatan hormone reproduksi sehingga akan menyebabkan asam lambung naik. Solusi paling tepat dan aman untuk mengatasi hal ini, bunda bisa mengkonsumsi buah salak.

Yang perlu bunda ingat, konsumsilah buah salak secukupnya dan jangan berlebihan.

Ingat.. karena sesuatu yang berlebih-lebihan tidal baik untuk kesehatan

loading...