Jahe Merah

Ini Dia 7 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe termasuk dalam jenis rimpang yang banyak tumbuh di negara beriklim hangat seperti Indonesia. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu untuk masalah, nyatanya tanaman yang satu ini juga banyak digunakan untuk berbagai macam obat-obatan, jenisnya sendiri juga cukup beragam. Mulai diantaranya adalah jahe putih yang biasa Anda jumpai sehari-hari. Juga ada jahe merah yang rasanya cenderung lebih pedas dibandingkan dengan jahe putih biasa. Begitu juga manfaat jahe merah ini yang sangat banyak.

Memang faktanya sendiri ada banyak sekali khasiat yang ditawarkan dari jahe ini, sehingga kerap kali digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beragam penyakit atau masalah kesehatan. Berikut ini diantaranya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Meredakan batuk, memang pada dasarnya batuk sendiri termasuk dalam jenis penyakit musiman yang dapat menyerang siapa saja. Tak harus membeli obat batuk yang banyak dijual di pasaran. Karena Anda bisa membuat ramuan tradisional dengan mengandalkan jahe merah ini untuk mengatasinya. Sifatnya yang hangat, bahkan lebih hangat dibandingkan dengan jahe putih secara efektif dapat mengatasi radang pada tenggorokan.
  • Meredakan sakit kepala, bagi yang sering kali merasakan sakit kepala, baik itu sebelah ataupun juga sakit kepada yang mengganggu di bagian belakang, maka rimpang ini dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami, cukup dengan menyeduhnya menggunakan air hangat yang ditambah dengan madu.
  • Mengatasi rematik, penyakit rematik umumnya banyak diderita oleh orang-orang yang sudah lanjut usia, sehingga menyebabkan kesulitan di dalam berjalan, mengingat ada timbunan asam urat pada bagian sendi kaki. Salah satu cara untuk mengobatinya bisa dengan memakai jahe merah. Cukup direbus bersama dengan rempah yang lain seperti temu lawak, kumis kucing dan juga cabe jawa. Ramuan ini secara efektif dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi.
  • Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, kolesterol yang tinggi bisa memicu beragam masalah kesehatan, seperti diantaranya adalah jantung sampai dengan stroke. Karena dapat menghambat aliran darah, dengan rutin mengonsumsi jahe maka bisa membantu untuk turunkan kadar kolesterol jahat tersebut.
  • Mencegah masalah pencernaan, kandungan jahe merah ini secara berkhasiat dapat melindungi sistem pencernaan Anda dari beragam jenis bakteri yang dapat memicu sakit perut, seperti diantaranya adalah bakteri E.Coli sampai dengan Salmonella enteriditis. Bahkan jika ditambahkan kedalam makanan ia dapat menjadi pengawet alami pada bahan makanan tersebut.
  • Meningkatkan kesuburan pria, menurut sebuah penelitian di Universitas Gadjah Mada, ternyata jahe merah ini memiliki efek afrodisiak, dimana ia digunakan untuk merangsang daya seksual dengan cara meningkatkan aliran darah yang ada dalam tubuh. Memungkinkan pria untuk mengalami ereksi yang lebih optimal. Begitu juga kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga bagus untuk menjaga tubuh tetap sehat.
  • Membantu mengurangi nyeri otot dan sendi, kandungan dalam rempah ini juga bagus di dalam mengurangi nyeri otot seperti diantaranya adalah gejala osteoarthritis sampai dengan peradangan–peradangan lain yang mungkin terjadi dalam tubuh Anda. Karena kandungannya juga dapat menurunkan leukotrien dan juga portagladin, senyawa yang dapat memicu terjadinya peradangan.

Begitu banyak bukan manfaat jahe merah ini untuk kesehatan, jadi sedikit-sedikit jangan minum obat, ada baiknya untuk mencoba alternatif pengobatan herbal semacam ini untuk bantu mengatasi masalah kesehatan yang Anda alami. Selain lebih aman tanpa menyebabkan efek samping ketergantungan, maka dari segi harganya juga lebih murah.