Manfaat Buah Apel & Belimbing

Buah apel merupakan buah yang paling popular di dunia, dan tahukah bahwa buah apel berasal dari wilayah barat daya Asia. Buah apel saat ini telah banyak menyebar dan dikembangkan di kawasan Eropa, Amerika, Jepang, hingga Australia. Di Asia Tenggara sendiri juga sudah banyak yang mengembangkannya, sehingga menjadi buah khas di daerah tertentu, yaitu di negara Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Sekitar 7000 buah apel yang telah berhasil dikembangkan dari hasil persilangan, sehingga menjadi buah apel yang istimewa, dengan keunggulan yang berbeda, baik dari segi penampilan, warna, rasa, dan aroma.

Buah apel berbentuk bulat, serta dengan beragam ukuran. Warna buah apel bervariasi, mulai dari warna merah, merah jambu, hijau, dan hijau kekuning-kuningan. Adapun rasanya juga tentu menyegarkan, mulai dari rasa manis, asam, asam manis, sedikit asam, dan sangat asam.

Manfaat Buah Apel

Zat-zat yang terkandung dalam buah apel memiliki fungsi yang banyak bagi tubuh, dan tentunya memiliki fungsi yang menyehatkan. Buah apel kaya akan kandungan vitamin C, kalium, zink, pektin, flavonoid, dan lain sebagainya. Uniknya, sebagian besar dari nutrisi-nutrisi itu terdapat di bagian bawah dari kulit buah apel, aneh bukan?

Kandungan flavonoid quercetin berfungsi untuk melindungi dari serangan penyakit jantung dan juga asma. Selain itu, juga berfungsi sebagai zat antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak DNA. Tidak hanya itu, quercetin juga mampu menjadikan kulit tetap awet dan anti keriput.

Begitu pentingnya kandungan quercetin dalam buah apel yang ternyata juga mampu sebagai pelindung paru-paru dari kotoran ataupun polusi udara. Oleh karena itu, bagi para perokok, disarankan untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin agar dapat mengurangi kotoran yang tersimpan di dalam paru-paru.

Buah apel mengandung banyak air, sehingga sangat bagus untuk menjaga kelembaban dalam mulut dan menyegarkan mulut, selain itu juga tekstur buah apel yang tidak lunak juga baik untuk membersihkan gigi beserta bakteri.

Buah apel juga mengandung pektin yang fungsinya adalah meminimalisir adanya kolestrol yang dapat menumpuk di usus, sehingga dapat melancarkan buang air besar juga untuk mengatasi sembelit.

Buah apel sangat bagus untuk dikonsumsi pria, sebab, kandungan zink tidak hanya berguna untuk meningkatkan daya ingat otak, juga sangat ampuh dalam meningkatkan jumlah spermatozoa. Zat antioksidan dalam buah apel sangatlah tinggi, ini sangat efektif sebagai zat antiradang aga tidak infeksi penyakit tertentu.

manfaat buah belimbing

Buah belimbing atau yang disebut dengan istilah averrhoa carambola merupakan buah-buahan yang berasal dari daerah Ceylon dan Maluku. Kini buah belimbing sudah mulai menyebar luas hingga ke Asia Tenggara, terutama di negara Indonesia dan Malaysia. Selain Asia Tenggara, belimbing juga banyak terdapat di negara China selatan, Taiwan, dan India.

Buah belimbing kulitnya tipis atau transparan, terlihat lebih mengkilap dan Nampak sekilas seperti berlapis lilin. Buah ini ketika masih mentah berwarna hijau, sedangkan ketika sudah masak akan berubah warna menjadi kuning. Belimbing ukurannya yaitu panjang sekitar 5-15 cm, ada yang berbentuk agak bulat dan ada yang bulat panjang, umumnya berbentuk bulat panjang serta berbentuk 5 rusuk. Oleh karena itu, tak sedikit pula yang menyebut buah ini dengan sebutan star fruit.

Belimbing meskipun berdaging, ternyata juga sebagian besar mengandung air, dan untuk rasanya yaitu asam dan asam manis. Biji buah ini kecil-kecil, dan umumnya ada 12 biji dengan warna putih kecoklatan. Lalu apakah manfaat dari buah belimbing bagi kesehatan tubuh kita?

Manfaat Buah Belimbing

Buah belimbing kaya akan nutrisi yang cukup penting untuk tubuh kita, diantaranya zat-zat yang banyak terdapat pada buah ini ialah protein, vitamin,lemak, mineral, karbohidrat, dan serat. Kandungan vitamin C nya yang paling tinggi memiliki peranan yang cukup besar, yakni sekitar 70% untuk menunjang tubuh kita agal kebal dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat dari serangan penyakit.

Vitamin C yang tinggi juga sangat efektif sebagai zat antioksidan, berfungsi untuk menangkal radikal bebas, perkembanbiakan sel kanker, serta mencegah terjadinya gangguan jantung yang menyebabkan sakit jantung coroner. Manfaat ringannya yakni sebagai anti sariawan dalam mulut kita.

Kandungan serat yang tinggi juga ampuh untuk mengatasi sembelit, serta dapat mencegah terjadinya kanker usus besar. Belimbing termasuk makanan yang rendah kalori, bagus juga dikonsumsi bagi seseorang yang sedang dalam proses diet. Terdapat kalium dan natrium yang memiliki fungsi sebagai obat antihipertensi.

Perlu anda ketahui juga, bahwa penderita penyakit DM dan ginjal tidak disarankan mengkonsumsi belimbing, karena buah ini mengandung asam oksalat serta kadar gula yang cukup tinggi.