images 29

Tanya Dokter Kanker Tentang Gejala dan Pencegahannya

Kanker ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh secara tidak terkendali pada tubuh manusia. Penyebab kanker adalah mutasi DNA pada sel yang memberikan instruksi untuk dapat menjalankan organ tubuh untuk tempat sel hidup. Proses pembelahan yang tidak berjalan menimbulkan perubahan dan mutasi gen menjadi sel abnormal. Hal ini membuat penderitanya membutuhkan konsultasi dengan tanya dokter kanker di Halodoc.

Berikut adalah gejala kanker yang perlu diketahui:

  1. Batuk persisten yang ditandai adanya infeksi sederhana dan jika bertahan lebih dari sebelum dengan darah dalam lendir setiap kali batuk maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.
  2. Terjadi perubahan buang air besar, tanda kanker menandakan diare yang berkelanjutan, dalam beberapa kasus merasakan perlu buang air besar setelah BAB dan menjadi tanda tidak normalnya usus, perubahan ini tidak dapat dijelaskan dan hanya melakukan evaluasi pada pola makan.
  3. Terdapat darah pada tinja, mengalami wasir yang menyebabkan perdarahan pada dubur dan jika sering mengalaminya maka perlu melakukan pemeriksaan pada usus dengan kolonoskopi.
  4. Mengalami anemia yaitu kehilangan darah biasanya kanker usus akan menyebabkan terjadinya anemia defisiensi besi dimana perlunya pemeriksaan endoskopi maupun rontgen pada bagian atas maupun bawah.
  5. Merasakan benjolan pada payudara yang memerlukan penyelidikan menyeluruh, hasil mammogram negatif tidak dapat mengevaluasi adanya benjolan sehingga perlu melakukan USG dan MRI pada payudara, atau melakukan biopsi atau aspirasi jarum.

Selain itu, gejala yang kanker yang dapat dialami adalah benjolan pada testis yang dialami oleh pria, benjolan ini dapat mengakibatkan sakit dan tidak nyaman serta akan semakin membesar dan mengalami infeksi. Perubahan buang air kecil dimana sedikitnya urin yang keluar atau aliran urin mengalami perubahan, pada wanita ini ditandai sebagai infeksi saluran kemih sedangkan pada pria sebagai tanda pembesaran kelenjar prostat. Gejala suara serak dalam waktu 3 hingga 4 minggu dan biasanya akan mempengaruhi polip pita suara dan menjadi tanda kanker tenggorokan.

Terdapat juga gejala maag kronis yang tidak dapat diobati dengan pengobatan medis dan perlu melakukan endoskopi dan jika mengalami barret esophagus maka tubuh sudah ditandai dengan kanker kerongkongan. Adanya keputihan vagina yang tidak biasa atau perdarahan diluar waktu menstruasi dan terjadi setelah melakukan hubungan intim, gejala ini menandai adanya kanker rahim. Dapat juga mengalami gejala penurunan berat badan, demam hingga keringat pada malam hari sebagai infeksi TBC dan tidak dapat di spesifikasi dalam jenis kanker yang tentunya berbeda.

Berikut adalah makanan pencegah kanker:

  • Sayuran berbonggol seperti kembang kol, kubis hijau, brokoli, sawi hijau dengan kandungan vitamin C, E, K dan glukosinolat yang tinggi untuk melindungi tubuh dari kerusakan DNA.
  • Sayuran daun hijau gelap pada brokoli, kol hijau, bayam, asparagus dan lobak terdapat kandungan serat dan antioksidan yang tinggi.
  • Makanan karotenoid yang ditemukan pada aprikot, wortel, tomat, ubi jalar dan kol untuk mencegah kanker payudara dan mampu melawan radikal bebas.
  • Makanan dengan kandungan apigenin yang terkandung pada bayam, ketumbar, teh chamomile, kemangi dan bayam, mampu menghambat pertumbuhan HER2.

Dari hasil tanya dokter kanker di Halodoc disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi asam omega 3 dari ikan sarden, kacang kenari, minyak kacang dan lainnya. Makanan dengan kandungan saponin dan lignan yang ditemukan pada kacang polong, nangka dan kacang merah. Biji-bijian dengan kandungan vitamin, karbohidrat kompleks untuk mencegah kanker payudara dari jagung, beras hitam, gandum dan sorgum.