Waspada Informasi Kesehatan di Internet yang Menyesatkan

Blog kesehatan dapat berupa blog yang memberikan informasi beragam gaya hidup sehat, juga tentang cara kerja obat, hingga ilmu kedokteran, bahkan memenuhi kebutuhan masyarakat akan obat, melalui apotik online, sebagai contohnya : https://www.goapotik.com/promo/obat-flu-paling-ampuh. Dalam link tersebut, Anda dapat membeli obat flu paling ampuh.
Blog lainnya menyajikan beragam informasi terpilih berkaitan dengan hal-hal medis. Apa yang perlu dilakukan oleh seseorang saat dirinya tengah khawatir akan kesehatannya. Blog ini juga akan memberikan informasi tentang produk yang menyehatkan. Misalkan Anda dapat mengambil manfaat kopi pada https://www.guesehat.com/bubuk-kopi-bermanfaat-menyembuhkan-luka

Manajemen Informasi Kesehatan Masyarakat

Apa yang dilakukan para bloger kesehatan, sejatinya adalah melakukan sebagian proses manajemen informasi kesehatan secara online. Proses informasi ini sendiri merupakan proses pengorganisasian, pelacakan dan pemeliharaan dokumen di klinik, kantor dokter dan rumah sakit. Agar dokumen informasi mengenai terapi pasien,produk, upaya klinis, tanya jawab dokter pasien, terjaga.
Proses ini juga melibatkan para analisis, pustakawan, penulis dokumen kompeten yang berkomunikasi dengan dokter untuk memastikan bahwa catatan pasien yang dirawat di manajemen dengan benar, diberi obat yang sesuai, dan dikeluarkan atau disimpan sesuai kebutuhan. Catatan kesehatan dapat diambil dengan manual atau dalam metadata komputer.
Tentu saja manajemen informasi medis sangatlah privasi, oleh karena itulah yang diungkapkan di internet adalah catatan medis yang lebih umum dibandingkan catatan parsial, seandainya satu kasus dibuka biasanya nama pasien dirahasiakan, dokter yang menjadi pengasuh dari blog kesehatan akan memberikan data terkait penyakit dan penanganannya, bukan identitas sang pasiennya.

Selalu Pakai Resep

Hal lainnya yang mengundang kehati-hatian adalah resep, atau preskripsi dokter yang dibutuhkan di di blog medis seperti apotik online. Umumnya dokter menyarankan sebelum membeli obat online, masyarakat harus menemui dokter pribadi masing-masing agar tidak terjebak pembelian obat yang salah. Jika resep sudah ada, tidak serta merta langsung beli dari apotik online.
Pelanggan harus terlebih dahulu memastikan bahwa apotik online tersebut dapat dihubungi, diklarifikasi dalam suatu tanya jawab online. Atau apotik online memiliki toko fisik di dunia nyata, di mana mereka memiliki stok obat-obatan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian keamanan serta kenyamanan membeli obat di blog kesehatan seperti apotik online dapat dilakukan.

Tinggalkan komentar